Apakah Galaxy Tab S9 Tahan Air? Peringkat IP Samsung

Apakah Galaxy Tab S9 Tahan Air? Peringkat IP Samsung

Samsung Galaxy Tab S9 adalah salah satu tablet Android terbaik yang bisa dibeli dengan uang memiliki banyak fitur menarik, tetapi apakah tahan air salah satunya? Raksasa teknologi asal Korea Selatan ini merilis seri Galaxy Tab S9 selama acara Galaxy Unpacked 2023, bersamaan dengan generasi kelima ponsel Galaxy Z Fold dan Z Flip, serta seri Galaxy Watch 6. Lineup Tab S9 terdiri dari tiga perangkat: Galaxy Tab S9, Tab S9 Plus, dan Tab S9 Ultra.

Tab S9 mengikuti jejak Samsung Galaxy Tab S8 yang dirilis tahun lalu. Galaxy Tab S8 hampir memiliki semua yang dibutuhkan untuk menjadi tablet Android terbaik, namun tidak memiliki sertifikasi IP, sehingga membuat pengguna berpikir dua kali sebelum membeli tablet yang mahal. Namun, dilansir dari https://jvsgroup.id Samsung mengubah hal itu tahun ini, karena semua model lineup Galaxy Tab S9 dilengkapi dengan sertifikasi tahan air dan debu IP68. Sertifikasi IP memberikan jaminan bagi para pembeli karena meningkatkan daya tahan perangkat.

Ketahanan Air Galaxy Tab S9 

Komisi Elektrokimia Internasional (IEC) menciptakan rating Perlindungan Ingress (IP) sebagai standar untuk mengukur tingkat ketahanan perangkat terhadap air dan debu serta kerusakan yang bisa terjadi. Angka yang mengikuti rating IP mewakili tingkat ketahanan perangkat tersebut. Angka pertama dalam rating IP menunjukkan seberapa baik perangkat dapat menahan kerusakan dari debu atau partikel padat lainnya. Ketahanan debu dalam perangkat berkisar dari 1 hingga 6 pada skala Perlindungan Ingress.

Angka kedua menunjukkan tentang ketahanan perangkat terhadap air. Rating ini dimulai dari 1 dan mencapai 8. Semua model dalam seri Tab S9 memiliki rating ketahanan air IP68, yang berarti perangkat tersebut kedap debu dan kemungkinan tidak akan rusak ketika terendam di dalam air tawar setinggi lima kaki selama 30 menit. Menariknya, bahkan S-Pen yang disertakan dengan tablet ini juga memiliki rating IP68, yang menurut perusahaan, membuka "lebih banyak kemungkinan bagi pengguna dalam menangkap dan menyampaikan ide-ide mereka."

Tentu saja, sangat bagus bahwa lineup Galaxy Tab S9 dilengkapi dengan rating ketahanan air dan debu IP68, tetapi pengguna tetap harus berhati-hati saat menggunakan perangkat tersebut. Ya, tablet ini bisa bertahan dalam hujan, percikan air secara tidak sengaja, atau terjatuh ke dalam kolam renang. Namun, pengguna harus diingatkan bahwa ketahanan air dan debu tidak bersifat permanen dan akan menurun seiring berjalannya waktu. Meskipun demikian, meskipun Galaxy Tab S9 tidak sepenuhnya tahan air, namun tetap memiliki tingkat ketahanan air yang baik.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow